Pengertian Observasi Lapangan Yang Sesungguhnya

Posted by

Pengertian Observasi lapangan yang sesungguhnya – Tujuan Umum melakukan Observasi lapangan adalah mengamati secara langsung di alam terbuka untuk mencari suatu kebenaran tentang sesuatu yang ingin dicocokkan dengan nalar pikiran manusia sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan menjadikan kebenaran itu suatu fakta dan benar. Kegiatan pengamatan dilakukan guna menggali dan mengumpulkan data yang diperlukan bagi topic pembahasan guna pengembangan wawasan dan peningkatan kinerja bagi para peserta.

Tujuan Khusus Observasi Lapangan adalah agar memahami teori tentang pengumpulan data/informasi, dapat mengetahui cara mengumpulkan data/informasi, dan yang terpenting adalah Menulis makalah observasi lapangan sehingga menjadi suatu laporan yang bermutu dan dapat berguna bagi orang lain yang membacanya. Untuk itu, didalam melakukan observasi lapangan perlu ada kejelian dan keakuratan dalam melihat keadaan yang sesungguhnya.

Observasi lapangan dapat dilakukan secara kelompok atau perseorangan tergantung kerumitan dalam mencari kebenaran yang ilmiah. Tetapi biasanya observasi lapangan dilakukan dengan berkelompok yang dimana kelompok tersebut memiliki 10 orang atau lebih. Dari ketua kelompok, sekretaris dan anggota-anggotanya. 

Dalam melakukan observasi lapangan secara kelompok perlu kekompakan tim dalam mencari suatu kebenaran yang ilmiah. Dan apabila suatu tim tidak memiliki kekompakan atau yang dibilangnya kerjasama yang baik biasanya kebenaran yang kita cari akan sulit kita temukan. Dan datanya tentunya akan error atau tidak benar.

Itulah tulisan tentang  Pengertian Observasi lapangan yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat


Blog, Updated at: 09:01:00
Posted by:Deava Teknik
Sekilas Ilmu Duniaku, Updated at: 09:01:00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment